Tuesday, October 14, 2014

Manfaat Pengembunan Pada Burung

Manfaat pengembunan pada burung - Mengeluarkan burung pada pagi-pagi hari sekali atau yang biasa disebut dengan pengembunan ternyata mempunyai manfaat yang cukup banyak bagi burung kicauan. Pengembunan dapat membuat burung yang macet bunyi menjadi kembali berbunyi, dan dapat membuat ngeplong beberapa jenis burung yang hanya bersuara ngeriwik saja.

Walau mempunyai banyak manfaat, tetapi pengembunan tidak dapat dilakukan pada semua jenis burung kicauan saja, hanya burung jenis-jenis tertentu yang dapat mendapatkan manfaat langsung dari pengembunan itu, selain itu efeknya pun biasanya langsung terlihat pada burung dengan kondisi sebagai berikut:
Pengembunan pada burung
Pengembunan pada burung
  • Burung telah berusia dewasa dan bukan burung remaja yang cenderung melalui beberapa tahapan suara sebelum dapat bersuara ngeplong.
  • Burung  berjenis kelamin jantan.
  • Burung yang dalam kondisi sehat.
Beberapa burung yang walau dapat diberikan pengembunan namun kurang cocok adalah burung dari jenis paruh bengkok contohnya lovebird, parkit, dll dan burung cucak hijau yang tergantung karakter dan kebiasaan.

Tips melakukan pengembunan pada burung:
  • Pengembunan akan lebih efektif untuk burung kicauan dari jenis anis atau punglor seperti anis merah, anis kembang, anis macan, dan dari jenis burung sikatan seperti tledekan, kacer, murai batu.
  • Waktu yang umum saat melakukan pengembunan dapat dimulai sejak pukul 05:00 pagi, sebab pada waktu itu burung dapat mendapati cahaya matahari yang mulai terbit.
  • Saat pengembunan burung tidak lupa diberikan pakan tambahannya (EF) yang dapat merangsang burung untuk bersuara, seperti cacing tanah untuk burung dari jenis anis/punglor, dan kroto untuk burung dari jenis sikatan, dan jangkrik untuk burung jenis lainnya.
  • Selama diembunkan sebaiknya burung ditempatkan di tempat yang aman, nyaman dan tidak terganggu baik oleh hewan-hewan liar.

No comments:

Post a Comment