Thursday, October 16, 2014

Manfaat Pemberian Grit Bagi Kenari

Gambar grit
Gambar grit
Manfaat pemberian grit bagi kenari - Grit merupakan makanan penunjang yang sangat diperlukan untuk burung-burung pemakan bijian (fringilidae) seperti burung Kenari, Love Bird, Blackthroat, Herda sanger, Mozambic, Siskin, Gold finch, Branjangan, Pakling, Perkutut dan banyak lagi burung-burung pemakan bijian lainnya. Untuk kebutuhan grit ini, di Indonesia kita banyak kicaumania yang menggunakan tulang sotong untuk bahan grit guna memenuhi kebutuhan burung-burung mereka.

Kandungan grit terdiri dari kalsium karbonat, sodium klorida, kalsium fosfat dan garam magnesium. Di Inggris dan negara-negara Eropa lainnya, para penggemar burung kenari dan burung pemakan bijian lainnya tidak memberikan tulang sotong secara utuh kepada burung kenari, akan tetapi mereka menumbuknya terlebih dulu sehingga menjadi tepung yang lembut atau memecahnya sampai seukuran pasir dan menambahkan bahan-bahan lainnya serta vitamin yang diperlukan burung-burung pemakan bijian menaburkannya di dasar sangkar di sebelah telur waktu burung dijodohkan. Burung betina akan turun dan memakannya saat melihat mereka menaburkannya.

Grit akan dilarutkan oleh asam lambung lalu masuk ke dalam system pencernaan dimana kalsium dan garam magnesium diserap oleh aliran darah. Saat burung betina hampir bertelur, kalsium dikeluarkan dari aliran darah ke saluran telur sebagai pelindung telur yang masih lunak. Dianjurkan juga untuk meneruskan pemberian grit ini selama masa pengeraman sebab secara logika burung betina memerlukan untuk melengkapi kembali kebutuhan untuk tulang dan darah sesudah bertelur.

Grit batu kapur (limestone) adalah sumber kalsium lain yang penting bagi burung kenari dan burung-burung pemakan bijian lainnya, diberikan dalam ukuran diameter 2 – 3 mm. Batu ini larut dalam asam lemah dan waktu dimakan oleh burung tersangkut dalam tembolok di mana akan “dicuci” dengan asam lambung dan lama-kelamaan akan hancur dan larut. Dengan menggunakan bebatuan ini akan menghindari adanya telur yang tidak normal.

Ketika keluar dari telur untuk pertama kalinya, anak burung sangat memerlukan kalsium, magnesium karbonat dan fosfat untuk kepentingan pertumbuhan tulang, bulu dan darah. Untuk contoh burung yang cacat kakinya atau kukunya kemungkinan besar kekurangan zat ini.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment