Thursday, October 16, 2014

Ciri-Ciri Murai Batu Medan

Ciri-ciri murai batu medan – Burung murai batu medan adalah jenis murai batu (Copsychus malabaricus) yang bisa dikatakan paling baik dari seluruh jensi murai batu yang ada di Negara kita. Murai batu termasuk ke dalam family Turdidae. Menyebar di semua pulau Sumatra, Kalimantan, serta beberapa pulau Jawa. Murai batu medan merupakan burung kicau yang sangat populer sekarang ini. hanya saja tindakan eksploitasi rimba terlalu berlebih serta perburuan untuk keperluan komersial membuat jenis murai batu medan ini sulit didapati di pasaran, mengingat harga murai batu medan yang sangat tinggi.
Pola ekor murai batu medan
Pola ekor murai batu medan
Murai batu medan dalam pengertian murai batu yang berhabitat asli di kota Medan itu sebenarnya tidak ada, penyebutan murai batu medan adalah penyebutan yang sebenarnya salah kaprah. Tidak ada murai batu yang habitat aslinya di kota Medan. Tetapi murai batu di lokasi Sumatera Utara serta Aceh sendiri sangat banyak varian dipandang dari katuranggannya. Ada yang ekor panjang dan pendek, ada yang lengkung dan ada yang lurus, ada yang menggumpal lalu satu ada yang berupa seperti gunting dsb.
Pola ekor murai batu
Pola ekor murai batu
Ciri-ciri murai batu medan

Sekarang ini memang cukup sulit untuk mengetahui ciri-ciri murai batu medan asli. Tetapi di antara ciri yang tetap bisa membedakan apakah itu burung murai batu medan asli atau bukan hanya dapat dilihat dari wujud atau pola ekor si burung murai batu.

Berikut ini merupakan ciri-ciri murai batu medan asli dilihat dari pola ekornya:
  • Empat pasang bulu putih ada strip hitam tegas dari pangkal membelah ekor secara horizontal, terkadang membentuk huruf U.
  • Panjang ekor antara 14cm - 27cm.
  • Burung murai batu medan ini datang dari Aceh (Pidie, Tangse, Sabang, Langkat, Pasaman, dan lain-lain).
Semoga bermanfaat.

Sumber: Ternak.org