Saturday, October 18, 2014

Cara Merawat Hamster

Gambar hamster
Gambar hamster
Cara merawat hamster - Hamster merupakan binatang sejenis hewan pengerat, terdapat berbagai jenis di dunia dan hampir ada di tiap negara. Bentuknya yang mini membuat hamster mudah untuk dibawa ke mana-mana dan tidak memerlukan kandang yang terlalu besar untuk merawatnya. Memelihara hamster bisa dikatakan cukup mudah, karena perawatannya yang tidak terlalu rumit. Walau demikian Anda tidak harus menyepelekannya begitu saja.

Bila Anda memutuskan untuk memelihara hamster, maka Anda harus berkomitmen untuk bertanggungjawab atas hewan peliharaan Anda. Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan cara merawat hamster. Yuk disimak.
  • Pemilihan jenis hamster
Sebaiknya Anda memperhatikan pemilihan jenis hamster yang akan Anda pelihara. Anda dapat bertanya dengan pemilik toko hewan, ataupun para pemelihara hamster lainnya. Selain itu, Anda harus banyak mencari informasi mengenai jenis hamster yang akan Anda pelihara supaya Anda tidak merasa kesulitan ketika memeliharanya. Juga penting untuk Anda mengetahui pola makan dan hal-hal mendasar dalam perawatan hamster tersebut.
  • Hamster sangat membutuhkan kasih sayang dari pemiliknya
Mengapa demikian? karena dengan kasih sayang, hamster yang Anda pelihara akan semakin mudah diatur. Anda harus sering-sering menyentuh dan bermain dengannya supaya si hamster cepat mengenali Anda. Begitu juga dengan mencium aroma tangan Anda. Hamster peliharaan Anda dengan cepat beradaptasi dengan Anda.
  • Beri perhatian lebih untuk kandangnya
Hamster tentu akan menghabiskan seluruh waktunya di dalam kandang. Oleh karenanya Anda harus memenuhi semua kebutuhan yang membuatnya nyaman berada di dalam kandangnya. Anda perlu memastikan kebersihan serbuk kayu untuk kandangnya. Contohnya mengganti serbuk kayu dua kali seminggu untuk menjaga kebersihan kandangnya. Serbuk kayu berfungsi untuk menghangatkan tubuh hamster dan juga menjadi tempatnya untuk membuang kotoran. Serbuk kayu ini dapat Anda dapatkan di toko-toko hewan.
  • Perhatikan kebersihan kandang hamster
Sebab kandang yang kotor akan menyebabkan hamster rawan terjangkit penyakit. Seminggu atau dua minggu sekali, kosongkan kandang dan cuci kandang secara menyeluruh. Dan juga bersihkan seluruh peralatan dan aksesoris yang ada di dalam kandang. Pastikan semuanya dalam keadaan bersih saat Anda mengembalikan hamster kembali ke kandangnya.
  • Harus pandai memilih aksesoris yang akan diletakkan di dalam kandang hamster
Pastikan bahwa aksesoris itu memang dibutuhkannya. Tak hanya sekedar hiasan saja. Perlu Anda ketahui bahwa di alam liar, hamster akan berjalan hingga delapan mil dalam semalam hanya untuk mencari makan. Hal itu adalah salah satu insting alaminya. Bahkan bila hamster tidak melakukannya atau tidak ada media untuknya melakukan hal tersebut, akan beresiko menyebabkan kelumpuhan. Oleh karena itu, Anda perlu menambah aksesoris berbentuk roda untuk media penyaluran insting alaminya tersebut. Anda juga memerlukan sebuah kotak kardus kecil atau sesuatu yang bisa menjadi tempat persembunyian hamster saat ia akan tidur. Sebab, cara tidur hamster adalah dengan bersembunyi. Hamster juga senang berjalan melalui terowongan. Jadi Anda perlu menambahkannya dalam daftar aksesoris yang harus Anda penuhi.
  • Perhatikan pula persediaan makanan, dan air untuk perawatan hamster
Anda perlu menyediakan air tawar dan makanannya berupa biji Bunga matahari di dalam tempat makannya dan mengisinya setiap hari. Boleh memberikan sedikit bentuk makanan lain seperti wortel, seledri, apel dan anggur untuk menambah nutrisi yang dibutuhkannya. Tetapi perlu diawasi takaran dan jadwalnya. Karena konsumsi makanan tambahan ini tidak dapat dilakukan sering-sering. Juga tidak dapat diberikan dalam jumlah yang banyak. Sebab akan berpengaruh buruk pada pencernaan hamster tersebut. Jangan memberi makan coklat, biji kopi, atau kafein apapun pada hamster sebab hal ini bisa mengakibatkan kematian.
  • Jangan pernah merendam hamster dalam air untuk mandi atau alasan apapun
Hamster merupakan salah satu binatang yang rentan terhadap serangan penyakit. Hamster sebenarnya akan bersih sendiri sepanjang waktu dan biasanya tidak perlu dibersihkan. Hamster kerdil akan sangat menikmati mandi debu. Anda bisa membeli debu atau bubuk debu untuk mandi hamster di toko hewan peliharaan. Bila sekali waktu memang mengharuskan Anda untuk membersihkan hamster Anda. Anda bisa dengan aman menggunakan kain basah atau tisu khusus untuk hewan peliharaan. Tidak perlu menggunakan sabun atau sampo pada hamster Anda.

No comments:

Post a Comment