Thursday, October 16, 2014

Cara Merawat Jalak Nias

Cara merawat jalak nias - Jalak nias adalah salah satu jenis burung berkicau yang banyak disukai oleh para pecinta burung karena kicauannya yang unik. Bahkan perlombaan untuk jalak nias juga sering diadakan. Sebenarnya untuk mendapatkan burung jalak nias yang gacor dibutuhkan perawatan yang sama dengan perawatan beberapa jenis burung berkicau lain. Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan cara merawat jalak nias agar gacor.
Burung jalak nias
Burung jalak nias
  • Mandikan burung setiap pagi
Satu cara yang paling rutin dilakukan oleh para pecinta burung ialah memandikan burung, begitu juga untuk jalak nias. Cara memandikan jalak nias cukup mudah yaitu dengan menyemprotkan air menggunakan semprotan burung atau menggunakan cepuk (tempat yang digunakan oleh burung untuk mandi di dalam sangkar).
  • Penjemuran
Setelah selesai dimandikan, jalak nias dijemur dibawah matahari pagi. Hal ini bertujuan supaya jalak nias mendapatkan sinar matahari pagi yang banyak mengandung vitamin D. Setelah itu letakkan burung jalak nias di tempat yang teduh.
  • Pemberian pakan
Pemberian pakan untuk burung berkicau termasuk jalak nias harus benar-benar diperhatikan kualitasnya. Makanan burung jalak nias berupa voer burung dan buah-buahan seperti apel, pepaya, dan pisang. Untuk menambah asupan nutrisinya, Anda bisa juga menambahkan jangkrik, kroto, ataupun ulat kecil sebagai makanan tambahan.
  • Pemasteran
Cara ini dilakukan agar jalak nias bisa memiliki banyak variasi kicauan dengan meniru kicauan burung masteran. Burung masteran yang biasa digunakan adalah glatik, kenari, cucak hijau, hingga murai batu. Selain itu Anda juga bisa menggunakan suara burung lewat mp3 untuk melatih jalak nias.
Itulah beberapa cara ampuh merawat jalak nias. Semoga bermanfaat.